Pendahuluan
Pembahasan
Penutup
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Pengetahuan dan pusat belajar sangat
penting keberadaannya dalam ruang lingkup masyarakat. Kebutuhan manusia yang
makin kompleks membuat pusat sumber belajar banyak macamnya. Dan bukan hanya
perpustakaan, banyak lembaga-lembaga pusat sumber belajar yang berdiri untuk
memenuhi kebutuhan pembelajaran masyarakat, entah itu swasta maupun negeri.
Lembaga formal dan non-formal berlomba-lomba membangun pusat sumber belajar
yang mumpuni dan berkualitas. Bukan hanya fasilitas yang diberikan lembaga
pusat belajar juga harus bisa menerapkan IT dalam pengelolaannya. Selain lebih
modern dalam penerapannya, IT juga mempermudah kinerja suatu lembaga pustat
belajar dan penggunanya.
Pada lingkungan umum atau lingkungan
masyarakat PSB (Pusat Sumber Belajar) yang paling familiar adalah perpustakaan
dan museum. Namun daripada itu tentu masih banyak lagi PSB bersedia menerima
masyarakat sebagai salah satu agen yang paling penting dalam memberikan
informasi dan mengembangkan potensi bagi masyarakat.
Pusat sumber belajar di lingkungan
universitas juga banyak macamnya
untuk menunjang studi mahasiswa dan masyarakat. Khususnya Universitas Negeri Malang, misalnya di fakultas sastra terdapat PSB yang beragam jenisnya, di tiap jurusannya pasti ada pusat sumber belajar yang tersedia, salah satunya SAC Jurusan Sastra Arab.
untuk menunjang studi mahasiswa dan masyarakat. Khususnya Universitas Negeri Malang, misalnya di fakultas sastra terdapat PSB yang beragam jenisnya, di tiap jurusannya pasti ada pusat sumber belajar yang tersedia, salah satunya SAC Jurusan Sastra Arab.
1.2 Rumusan Masalah
1. Apa itu PSB
SAC Jurusan Sastra Arab?
2. Apa saja
fasilitas yang diberikan SAC Sastra Arab?
3. Apa saja
kegiatan yang dilakukan mahasiswa di SAC Sastra Arab?
4. Apa
keunggulan dan kelemahan SAC Sastra Arab?
1.3 Tujuan
·
Memberikan
gambaran apa yang dimaksud PSB SAC Sastra Arab di Universitas Negeri Malang
·
Meneliti
bagaimana sistem pengelolaan, fasilitas, sarana dan prasarana yang disediakan
di SAC Sastra Arab
PEMBAHASAN
2.1
SAC JURUSAN SASTRA ARAB
Untuk menunjang
pendidikan bagi mahasiswa di Unversitas Negeri Malang di setiap jurusan semua fakultas memiliki pusat sumber
belajar. Khususnya fakultas sastra, yang salah satunya jususan sastra arab
memiliki sentra kegiatan untuk meningkatkan minat belajar mahasiswa yaitu SAC
Jurusan Sastra Arab. SAC sendiri adalah
singkatan dari Self Access Center, yaituArab yaitu tempat dimana mahasiswa
jurusan sastra arab dapat mengembangkan potensinya. SAC diadakan untuk memenuhi
kebutuhan pembelajaran global.Selain itu disini mahasiswa juga dapat belajar sendiri di luar
jam perkuliahan.
Gambar. 2.1
Kegiatan mahasiswa di SAC
JSA
SAC sastra Arab hanya buka
pada hari Senin sampai dengan Jum’at, dikarenakan pada hari Sabtu Universitas
Negeri Malang tidak diadakan jam perkuliahan. SAC sendiri beroprasi mulai pukul
07.00-16.00 WIB.
Sistem organisasi di SAC JSA
sendiri hanya ada dua pengurus, yakni kepala pengelola dan pelaksana teknis.
Kepala pengelola SAC JSA dipimpin oleh Novi Dwi Susilo, sedangkan pelaksana
teknis di jabat oleh Iklimatul Khusniah. SAC JSA berupa ruangan
perpustakaan dan multimedia yang dilengkapi dengan studio mini, parabola dan
internet. SAC JSA sendiri berdiri dibawah naungan jurusan sastra arab.
Pendanaan kegiatan SAC berasal dari
fakultas dan pemasukan dari mahasiswa (pengunjung). Misalnya, perolehan dari layanan fotocopy, print, dan scanner yang
disediakan di SAC JSA untuk mahasiswa dan dari situ pula SAC memperoleh
pemasukan.
2.2
Fasilitas di SAC Jurusan Sastra Arab
Untuk menunjang pembelajaran di
dalam SAC JSA, SAC menyediakan berbagai fasilitas, yang dikategorikan dalam
bentuk hardware dan software.
·
Perangkat Software antara lain: Software yang bisa dimanfaatkan meliputi CD, VCD, kaset
tape recorder, kaset video, internet, dan parabola. Software yang ada
berisi film, rekaman ceramah, dialog, cerita, lagu, berita, dan rekaman
peristiwa dalam bahasa native speaker. Selain itu di SAC jga
tersedia beberapa alat musik seperti gitar dan rebana.
·
Perangkat hardware antara lain: Komputer, laptop, slide proyektor, OHP, printer,
fotocopy, scanner, handycam, parabola, VCD/DVD player, TV, wearless/radio tape, tape
deck, tape recorder, LCD, camera
digital.
Gambar. 2.2
Mahasiswa sedang menggunakan
fasilitas di SAC JSA
Media Hardware dan Software tersebut terutama digunakan untuk pengenalan, pemahaman dan
penghayatan mengenai kebudayaan masyarakat pemilik bahasa sasaran. Di SAC
mahasiswa dapat belajar secara mandiri melalui (dengan memanfaatkan)
koleksi perpustakaan/buku-buku, koleksi perpustakaan virtual/elektronik,
koleksi CD/VCD/kaset audio/kaset video, program-program TV Timur Tengah, website
(internet). Mahasiswa juga bisa belajar kelompok dengan memanfaatkan
fasilitas tersebut. Laboratorium media dan SAC juga difungsikan untuk
memproduksi media pembelajaran.
2.3 Kegiatan yang Dilakukan di SAC JSA
Kegiatan yang
sering dilakukan mahasiswa di SAC
§ Menonton TV siaran
timur tengah
§ Membaca buku atau
mencari referensi
§ Mengerjakan skripsi
§ Mengerjakan tugas
§ Belajar media dari blog
bahasa arab
§ Surving
§ Diskusi
Selain itu SAC JSA juga
memiliki agenda bulanan dan tahunan, berikut paparan agenda SAC JSA :
Agenda SAC JSA
Bulanan -Laporan Pemasukan
(hasil pemasukan yang diperoleh SAC JSA per
bulannya)
-Presensi (jumlah pengunjung per bulan)
Tahunan -Presensi (jumlah pengunjung per tahun)
-Buku karya tahunan (buka
hasil karya tim dosen PAI/dosen sastra
arab)
-Jumlah penghasilan/pemasukan (hasil pemasukan yang
diperoleh
SAC JSA per tahunnya)
-Perlengkapan (sarana/fasilitas yang didatangkan tiap
tahunnya)
Semua kegiatan tersebut
sangat menunjang mahasiswa dalam proses kegiatan belajar selama mengemban ilmu
di Universitas Negeri Malang.
2.4 Keunggulan dan
Kelemahan SAC Jurusan Sastra Arab
Meskipun SAC JSA sangat bermanfaat keberadaannya
bagi mahasiswa selain itu SAC juga memiliki kelemahan dan kelebihan., antara
lain :
Kelebihan
1. Dapat menggali potensi
mahasiswa
2. Sarana belajar
mahasiswa
3. Dapat mempraktekkan
keilmuan bahasa arab
4. Dapat mengembangkan
bakat mahasiswa
5. Menunjang dan
memudahkan kebutuhan studi mahasiswa JSA
6. Meningkatkan komunikasi
dan solidaritas dengan mahasiswa JSA lain
Kelemahan
1. Ruangannya masih berupa lesehan
2. Penataann ruangannya terbilang kurang rapi
3. Penerapan bidang IT masih kurang
Gambar. 2.3
Ruangan di SAC JSA masih
berupa lesehan
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Setelah ditulisnya pembahasan pada
makalah ini penulias mendapat kesimpulan bahwa SAC Sastra Arab sangat penting
keberadaannya bagi mahasiswa. Ruang studio, multimeda, dan ruang perpustakaan
dan sarana yang didalamnya sangat menunjang sekali bagi mahasiswa. Selain itu
media pembelajaran hasil karya tangan mahasiswa sendiri juga bagus sebagai
koleksi, karena SAC Sastra arab adalah tempat dimana mahasiswa dapat
mengembangkan potensinya.
3.2 Saran
PSB adalah tempat dimana dapat
memberikan informasi yang dibutuhkan masyarakat, dan mengembangkan berbagai
kompetensi. Ilmu teknologi sangat perlu dikembangan di dunia pembelajaran. Oleh
karena itu alangkah baiknya bila SAC Sastra Arab itu sendiri ditingkatkan lagi
dalam memberikan layanan IT.
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar