Sabtu, 07 Maret 2015

PSB SAC Sastra Arab Universitas Negeri Malang

SISTEMATIKA
Pendahuluan
Pembahasan
Penutup

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
            Pengetahuan dan pusat belajar sangat penting keberadaannya dalam ruang lingkup masyarakat. Kebutuhan manusia yang makin kompleks membuat pusat sumber belajar banyak macamnya. Dan bukan hanya perpustakaan, banyak lembaga-lembaga pusat sumber belajar yang berdiri untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran masyarakat, entah itu swasta maupun negeri. Lembaga formal dan non-formal berlomba-lomba membangun pusat sumber belajar yang mumpuni dan berkualitas. Bukan hanya fasilitas yang diberikan lembaga pusat belajar juga harus bisa menerapkan IT dalam pengelolaannya. Selain lebih modern dalam penerapannya, IT juga mempermudah kinerja suatu lembaga pustat belajar dan penggunanya.
            Pada lingkungan umum atau lingkungan masyarakat PSB (Pusat Sumber Belajar) yang paling familiar adalah perpustakaan dan museum. Namun daripada itu tentu masih banyak lagi PSB bersedia menerima masyarakat sebagai salah satu agen yang paling penting dalam memberikan informasi dan mengembangkan potensi bagi masyarakat.
            Pusat sumber belajar di lingkungan universitas juga banyak macamnya
untuk menunjang studi mahasiswa dan masyarakat. Khususnya Universitas Negeri Malang, misalnya di fakultas sastra terdapat PSB yang beragam jenisnya, di tiap jurusannya pasti ada pusat sumber belajar yang tersedia, salah satunya SAC Jurusan Sastra Arab.

1.2 Rumusan Masalah
1. Apa itu PSB SAC Jurusan Sastra Arab?
2. Apa saja fasilitas yang diberikan SAC Sastra Arab?
3. Apa saja kegiatan yang dilakukan mahasiswa di SAC Sastra Arab?
4. Apa keunggulan dan kelemahan SAC Sastra Arab?

1.3 Tujuan
·         Memberikan gambaran apa yang dimaksud PSB SAC Sastra Arab di Universitas Negeri Malang
·         Meneliti bagaimana sistem pengelolaan, fasilitas, sarana dan prasarana yang disediakan di SAC Sastra Arab



















BAB II
PEMBAHASAN

2.1 SAC JURUSAN SASTRA ARAB
Untuk menunjang pendidikan bagi mahasiswa di Unversitas Negeri Malang di setiap  jurusan semua fakultas memiliki pusat sumber belajar. Khususnya fakultas sastra, yang salah satunya jususan sastra arab memiliki sentra kegiatan untuk meningkatkan minat belajar mahasiswa yaitu SAC Jurusan Sastra Arab.  SAC sendiri adalah singkatan dari Self Access Center, yaituArab yaitu tempat dimana mahasiswa jurusan sastra arab dapat mengembangkan potensinya. SAC diadakan untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran global.Selain itu disini mahasiswa juga dapat belajar sendiri di luar jam perkuliahan.
Gambar. 2.1 Kegiatan mahasiswa di SAC JSA
SAC sastra Arab hanya buka pada hari Senin sampai dengan Jum’at, dikarenakan pada hari Sabtu Universitas Negeri Malang tidak diadakan jam perkuliahan. SAC sendiri beroprasi mulai pukul 07.00-16.00 WIB.
Sistem organisasi di SAC JSA sendiri hanya ada dua pengurus, yakni kepala pengelola dan pelaksana teknis. Kepala pengelola SAC JSA dipimpin oleh Novi Dwi Susilo, sedangkan pelaksana teknis di jabat oleh Iklimatul Khusniah. SAC JSA berupa ruangan perpustakaan dan multimedia yang dilengkapi dengan studio mini, parabola dan internet. SAC JSA sendiri berdiri dibawah naungan jurusan sastra arab. Pendanaan kegiatan SAC  berasal dari fakultas dan pemasukan dari mahasiswa (pengunjung). Misalnya, perolehan dari layanan fotocopy, print, dan scanner yang disediakan di SAC JSA untuk mahasiswa dan dari situ pula SAC memperoleh pemasukan.

2.2 Fasilitas di SAC Jurusan Sastra Arab
            Untuk menunjang pembelajaran di dalam SAC JSA, SAC menyediakan berbagai fasilitas, yang dikategorikan dalam bentuk hardware dan software.
·         Perangkat Software antara lain: Software yang bisa dimanfaatkan meliputi CD, VCD, kaset tape recorder, kaset video, internet, dan parabola. Software yang ada berisi film, rekaman ceramah, dialog, cerita, lagu, berita, dan rekaman peristiwa dalam bahasa native speaker. Selain itu di SAC jga tersedia beberapa alat musik seperti gitar dan rebana.
·         Perangkat hardware antara lain: Komputer, laptop, slide proyektor, OHP, printer, fotocopy, scanner, handycam, parabola, VCD/DVD player, TV, wearless/radio tape, tape deck,  tape recorder, LCD, camera digital.









Gambar. 2.2 Mahasiswa sedang menggunakan fasilitas di SAC JSA
Media Hardware dan Software tersebut terutama digunakan untuk pengenalan, pemahaman dan penghayatan mengenai kebudayaan masyarakat pemilik bahasa sasaran. Di SAC mahasiswa dapat  belajar secara mandiri melalui (dengan memanfaatkan) koleksi perpustakaan/buku-buku, koleksi perpustakaan virtual/elektronik, koleksi CD/VCD/kaset audio/kaset video, program-program TV Timur Tengah, website (internet). Mahasiswa juga bisa belajar kelompok dengan memanfaatkan fasilitas tersebut. Laboratorium media dan SAC juga difungsikan untuk memproduksi media pembelajaran.

2.3 Kegiatan yang Dilakukan di SAC JSA
Kegiatan yang  sering dilakukan mahasiswa di SAC
§  Menonton TV siaran timur tengah
§  Membaca buku atau mencari referensi
§  Mengerjakan skripsi
§  Mengerjakan tugas
§  Belajar media dari blog bahasa arab
§  Surving
§  Diskusi

Selain itu SAC JSA juga memiliki agenda bulanan dan tahunan, berikut paparan agenda SAC JSA :
Agenda SAC JSA
Bulanan                      -Laporan Pemasukan (hasil pemasukan yang diperoleh SAC JSA per  
  bulannya)
                                    -Presensi (jumlah  pengunjung per bulan)

Tahunan                     -Presensi (jumlah pengunjung per tahun)
-Buku karya tahunan (buka hasil karya tim dosen PAI/dosen sastra    
 arab)
-Jumlah penghasilan/pemasukan (hasil pemasukan yang diperoleh 
  SAC JSA per tahunnya)
                                    -Perlengkapan (sarana/fasilitas yang didatangkan tiap tahunnya)


Semua kegiatan tersebut sangat menunjang mahasiswa dalam proses kegiatan belajar selama mengemban ilmu di Universitas Negeri Malang.







2.4 Keunggulan dan Kelemahan SAC Jurusan Sastra Arab
Meskipun SAC JSA sangat bermanfaat keberadaannya bagi mahasiswa selain itu SAC juga memiliki kelemahan dan kelebihan., antara lain :
Kelebihan
1.      Dapat menggali potensi mahasiswa
2.      Sarana belajar mahasiswa
3.      Dapat mempraktekkan keilmuan bahasa arab
4.      Dapat mengembangkan bakat mahasiswa
5.      Menunjang dan memudahkan kebutuhan  studi mahasiswa JSA
6.      Meningkatkan komunikasi dan solidaritas dengan mahasiswa JSA lain

Kelemahan
1. Ruangannya masih berupa lesehan
2. Penataann ruangannya terbilang kurang rapi
3. Penerapan bidang IT masih kurang

             






Gambar. 2.3 Ruangan di SAC JSA masih berupa lesehan



BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
            Setelah ditulisnya pembahasan pada makalah ini penulias mendapat kesimpulan bahwa SAC Sastra Arab sangat penting keberadaannya bagi mahasiswa. Ruang studio, multimeda, dan ruang perpustakaan dan sarana yang didalamnya sangat menunjang sekali bagi mahasiswa. Selain itu media pembelajaran hasil karya tangan mahasiswa sendiri juga bagus sebagai koleksi, karena SAC Sastra arab adalah tempat dimana mahasiswa dapat mengembangkan potensinya.
3.2 Saran
            PSB adalah tempat dimana dapat memberikan informasi yang dibutuhkan masyarakat, dan mengembangkan berbagai kompetensi. Ilmu teknologi sangat perlu dikembangan di dunia pembelajaran. Oleh karena itu alangkah baiknya bila SAC Sastra Arab itu sendiri ditingkatkan lagi dalam memberikan layanan IT.



DAFTAR PUSTAKA

Susilo,  Novi Dwi. Interview.SAC Sastra Arab UM. Jl. Semarang NO.5. E6. 2015.
Kembali Keatas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar